Pemkab Siak sambut Fenomena Gerhana Matahari Cincin Dengan Tabligh Akbar dan Event Islami

Pemkab Siak sambut Fenomena Gerhana Matahari Cincin Dengan Tabligh Akbar dan Event Islami
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang ditetapkan oleh Pusat Sains Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Kabupaten Siak merupakan fenomena alam langka yang hanya terjadi 300 tahun sekali, akan terjadi 26 Desember 2019 pekan depan, tepatnya di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit.

Menyikapi hal tersebut, berbagai persiapan dipersiapkan oleh Pemkab Siak menjelang menyambut momen langka itu. Baru-baru ini, Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyebutkan, sejak diumumkan oleh LAPAN, kota yang sangat terjelas untuk mengamati peristiwa tersebut, yakni Siak dan Kota Singkawang Kalimantan Barat.

"Di Siak yang paling terjelas itu menurut LAPAN bertempat di Kampung Bunsur. Menyambut hal tersebut, kami dari Pemkab Siak akan mempersiapkan berbagai event bernuansa Islami untuk menyambut kebesaran Allah SWT tersebut. Seperti, Tabligh Akbar, Khutbah, Sholat Gerhana berjamaah, zikir bersama dan Sholawat Hadrah," terangnya.

Kata Alfedri, rangkaian Festival GMC dimulai dua hari jelang hari H pelaksanaan, terhitung pada hari Selasa 24 Desember. Dengan agenda kegiatan Nonton Bersama Film edukasi GMC, Demo Mini Planetarium dan Pameran oleh LAPAN, workshop kamera lubang jarum dan penayangan film Iqro’ 2.

“Insya Allah dilanjutkan pada hari Rabu, Tanggal 25 Desember. Dilaksanakan acara di dua tempat secara bersamaan, di kota Siak malam harinya, akan digelar Sosialisasi Edukasi Gerhana Matahari Cincin, Tabligh Akbar dan Siak Bershalawat bersama grup hadrah Al Musyaffa dari Pondok Pesantren Miftahul Qir’an Kerinci Kanan," kata Alfedri," Jumat (20/12/19) kemarin.

Pada saat yang sama kata dia, di Kampung Bunsur juga akan dilaksanakan Demo Mini Planetarium, Sosialisasi (Talkshow) Hasil LITBANG LAPAN, penampilan puisi dari seniman Riau, hiburan tradisional dari orkes melayu dan tarian tradisional.

Acara akan diikuti rombongan Tour Ring Of Fire, yang terdiri dari 500 orang anggota klub otomotif, 200 orang anggota  komunitas pelajar pencinta dunia antariksa, dan 100 orang gabungan wartawan dari PWI Riau.

"Keesokan harinya, puncak rangkaian Festival GMC di lapangan Kampung Bunsur, Kamis (26/12/10), akan dibuka dengan hiburan sholawat dan marawis, pembacaan Ayat Suci AL Qur’an dan Tilawah, sambutan Bupati, Kepala LAPAN, Kementerian Pariwisata dan Gubernur Riau sekaligus membuka acara," terang Alfedri. 

Lanjutnya, saat masuk waktu fardhu dzuhur, pengunjung akan melaksanakan shalat fardhu dzuhur berjamaah dan dilanjutkan pencatatan rekor MURI atas kacamata gerhana terbesar di Indonesia, pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang lomba karya tulis dan fotografi, ditutup dengan penampilan grup gambus modern oleh Nisa Sabyan dan kawan-kawan. (Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index